Jumat, 28 Desember 2012

Rangkaian Susunan Honai Studio Rekaman Murah-Meriah

Rangkaian Susunan Honai Studio Rekaman Murah-Meriah
Susunan penggunaan alat utk honai studio recording, dapat digambarkan spt diatas, dengan spesifikasi alat sbb dibawah ini:

I. PC/ KOMPUTER/ LAPTOP

PC/ Kompi/ Laptop merupakan syarat mutlak dalam rangkaian pembuatan Honai Studio Rekaman Karena dapat dikatakan bahwa sumber teknologi, efek-efek, jenis suara, dan pengerjaan recording, mixing sampai dengan mastering, semuanya tersimpan dalam piranti ini. Operating System (OS) yang digunakan bisa antara Macintosh atau Windows Operating, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Macintosh dinilai sebagi OS yang paling ideal dalam stabilitas audionya, namun kekurangannya adalah kesulitan dalam mencari software-software tambahan yang compatible (sesuai). Selain itu, OS Macintosh juga tidak mungkin terjangkit virus-virus yang dapat membahayakan data-data sobat skalian.

Sedangkan Windows Operating, lebih umum dan mudah karena untuk menjangkau hasil recording yang baik, mixing maupun mastering, software-sofwarenya mudah didapat walaupun sebenarnya rawan virus dan tidak memiliki stabilitas audio sebagus Mac. Untuk spesifikasi PC/ Laptop Honai Studio, idealnya dibutuhkan beberapa perangkat seperti dibawah ini:
  • Intel processor dual core atau core2 duo (recomended) 
  • Mainboard Intel atau MSI dll 
  • Ram 1Gb atau 2 Gb (recomended) 
  • Monitor 
  • Sound card Asio (atau bisa sound card bawaan Mainboard)
PC/Laptop yang digunakan haruslah memiliki spek yang baik. Karena untuk melakukan kegiatan itu semua akan memberatkan kinerja processor, ram, maupun hardisk. bagaimana bila tidak mempunyai komputer yang mid-end hingga high-end? Jangan berkecil hati dulu, anda dapat menggunakan alat2 deng spesifikasi dibawah ini:
Sederhana:
  • Processor: intel celeron p4 1,8 ghz< Ram: SDRAM 256mb 
  • Hardisk: ATA 40 gb
  • Soundcard: onboard
Upgrade:
  • Processor: intel pentium D 3ghz< Ram: ddr2 2gb 
  • Hardisk: SATA 80 gb 7200rpm 
  • Soundcard: Sound Blaster 7.1
Mantap:
  • Processor: intel dual core 2,66ghz< Ram: ddr2 2gb 
  • Hardisk: SATA 250 gb 7200rpm 
  • Soundcard: ESI Juli@ PCC 192khz 24bit
a. Software Recording
Software Recording
Saat ini, software recording yang cukup umum di kalangan masyarakat luas adalah  Steinberg-Cubase, Steinberg-Nuendo, dan juga Pro tools. Sedikit catatan, software-software tersebut harganya cenderung ‘tidak terjangkau’, karena itu banyak juga yang menggunakan versi bajakannya. Versi bajakan memang cenderung bermasalah (sering error), tapi masih cukup ‘layak’ digunakan, mengingat perbandingan harganya dengan versi original yang bisa mencapai seratus kali lipatnya. (Bayangkan, Nuendo bajakan harganya sekitar seratus ribu rupiah, sedangkan versi asli bisa mencapai lima belas juta rupiah). Pemilihan antara Pro Tools maupun Nuendo juga tergantung selera. Pro Tools dikenal terbagus dalam kualitas take audio, sedangkan Cubase maupun Nuendo lebih dikenal ideal dalam proses mixing.

Sedangkan untuk proses mastering, kita dapat menggunkan software-software semacam Steinberg-WaveLab yang lebih kompatibel dengan plugins-plugins tambahan, sehingga produk yang kita hasilkan akan bersaing.

b. Converter/ Sound Card/ Audio Interface
Sound Card Onboard
Umumnya, setiap PC/ Laptop pasti sudah dilengkapi dengan soundcard internal. Sebenarnya soundcard bawaan tersebut sudah dapat digunakan, namun masih kurang ideal, karena akan banyak menjumpai latency(keterlambatan), disamping itu kualitas record-nya pun tidak begitu menjamin. Karena itulah diperlukan soundcard eksternal atau yang biasa disebut converter oleh para pelaku digital recording. Merk dan jenis converter yang dipilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Jika keperluannya hanya untuk bermain MIDI, converter dengan dua output juga sudah cukup. Merk yang biasa ditemui adalah EMU (Creative), Presonus Audiobox, Presonus Inspire, M-Audio. Converter-converter ini ada yang terhubung menggunakan port USB, PCI maupun fire wire.

Soundcard adalah suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis.
Tips untuk pemilihan sound-card ini adalah usahakan mencari sound-card yang memiliki spesifikasi 24 bit/48 KHz, karena dengan menggunakan spesifikasi yang demikian ini keseluruhan frekwensi yang mampu didengar oleh telinga kita (20 Hz - 20 KHz) dapat terakomodir dengan baik.

Fungsi soundcard adalah sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia. Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya menggunakan tiga cara, yaitu:
  1. Melalui teknologi frequency modulation (FM) atau Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli. 
  2. Cara wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke spiker. 
  3. Synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks.
Cara Kerja Soundcard yaitu ketika anda mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter:Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

II. MIDI CONTROLER

MIDI Controller yang sering dijumpai adalah keyboard. Karena itu, bagi para pelaku musik digital, khususnya yang suka bermain MIDI, paling tidak harus menguasai instrumen keyboard(sekalipun dia adalah seorang gitaris atau bahkan drummer). Fungsi MIDIController murni hanya sebagai alat untuk pertukaran data (seperti keyboard pada komputer yang digunakan untuk mengetik). Merk untuk MIDI Controller yang biasa dijumpai adalah M-Audio dengan type Keyrig, Oxygen, maupun Axiom. Rangetutsnya juga bervariasi mulai dari 25, 49, 61, hingga 88 keys.

III. SPEAKER MONITOR/ HEAD PHONE

Fungsi Monitor Speaker juga mirip dengan headphone, untuk memonitor hasil recording kita. Hanya saja, fungsi dari monitor speaker ini cenderung lebih optimal untuk proses mixing, di mana kepekaan hasil suara yang keluar dari kiri dan kanan (panning), sangatlah diperlukan. Untuk monitor speaker ini carilah yang memiliki karakter 'flat' speaker-monitor. Ada beberapa merk terkenal semacam Behringer, M-Audio, Yamaha, KRK dan lain-lain.
Speaker monitor untuk rekaman / recording sangat berbeda dengan speaker multimedia. speaker multimedia biasanya melebih-lebihkan / mem-boost frequency tertentu. Biasanya speaker-speaker tersebut mem-boost pada low frequency (bass) dan high frequency (treble). Sedangkan untuk rekaman / recording membutuh kan speaker FLAT yang jujur pada frequency alias tidak melebih-lebihkan atau memboost pada frequency tertentu. Untuk mempunyai speaker yang flat mungkin akan memberatkan kantong anda. Cara mengakalinya adalah (walaupun tidak di rekomendasikan untuk tidak  menggunakan speaker yang tidak flat).
Catatan:
  • Kenali speaker anda: Kenali karakter speaker yang anda punya, apakah speaker anda mem-boost low frequency ataupun mem-boost high frequency. Karakter speaker anda, hanya anda yang mengenali dan mengerti. Gunakan feeling dan mulailah mempercayai speaker anda dikit demi sedikit. 
  • Sering-sering mendengarkan lagu-lagu referensi anda di speaker yang anda punya: Karakter speaker anda akan mulai anda hapal seiring dengan waktu. Sering-sering lah mendengarkan lagu-lagu yang telah direkam, dimixing dan dimastering oleh para professional. 
  • Kenali karakter ruang kamar anda: Tidak dipungkiri, studio-studio professional menggunakan tata ruang akustik yang telah di perhitungkan dengan baik. Bass trap, difusser, dan lain-lain akan menghiasi studio-studio mereka. Seperti yang diterang kan diatas, dengan sering-sering mendengarkan lagu referensi anda, anda akan lebih mengenal karakter ruangan anda.

Headphone di sini berfungsi untuk memonitor hasil recording kita. Sangat berguna misalnya saat kita ingin takevokal, sambil mendengarkan panduan pola musik yang sudah kita aransemen. Dengan menggunakan headphone, musik akan terdengar lebih fokus. Hargaheadphone juga bervariasi, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Philip SHP-250 merupakan pilihan yang cukup oke dengan harga yang juga cukup terjangkau.

IV. MICROPHONE (Mic Vocal)
Cond Mic.Studio

Mic adalah alat yang digunakan untuk menangkap suara atau signal. Vokal adalah elemen penting dalam suatu lagu. Pendengar akan merasa kecewa apabila dalam suatu lagu yang aransement nya bagus, suara audio instrument bagus, namun suara audio vokal yang tidak bagus. Dan mungkin pendengar tidak akan kembali mendengar lagu anda untuk kedua kali nya karena telanjur kecewa dengan kualitas suara audio vokal di lagu anda.
Mic yang ada saat ini ada beberapa macam yaitu Dynamic, Condenser, dan lain-lain Untuk memilih dan membeli mic, sesuaikan dengan kebutuhan, karakter dan budget yang anda punya. Bila ingin membeli jangan segan-segan untuk bertanya pada toko musik yang anda kunjungi, tentang karakteristik mic, butuh panthom power atau tidak dan lain-lain.
Untuk merekam vokal, dianjurkan menggunakan pop filter dan stand mic Agar suara yang direkam tidak naik turun dikarenakan vokalis band anda menyanyi menjauh dan mendekat antara mulut dan mic. 

V. MIXER (Mixing)

Mixer adalah salah satu perangkat elektronik paling populer setelah mikrophone. Biasanya kita lebih mengenal dengan sebutan mixer, itu karena fungsinya yang memang mencampur segala suara yang masuk, menyeimbangkannya dan menjadikan saluran dua kanal (L-R), kemudian mengirimkan ke cross-over aktif baru di umpan ke power amplifier dan terakhir akan di teruskan melalui speaker. Mixing dapat dikategorikan ke dalam console dan mixing desk.

Mixer akan menerima berbagai sumber suara. Suara tersebut bisa di terima dari microphone, alat musik, CD player, tape deck atau DAT. Dari sinilah dengan mudah dapat di lakukan pengaturan level masukan dan keluaran mulai dari yang sangat lembut sampai keras. Misalkan sebuah sistem audio ini di umpamakan sebagai tubuh manusia, snake cable bisa di umpamakan sebagai sistem syarah dan mixer sebagai jantungnya.

Bila terjadi kerusakan pada skema mixer, berarti sistem tersebut dalam masalah yang cukup besar. Salah satu syarat terpenting dalam mixing yang baik adalah mempunyai input gain yang baik, pengaturan eq yang juga baik. Maka dengan demikian akan dapat di lakukan pengaturan yang lebih sempurna dan optimal terhadap setiap input microphone atau apapun yang bisa menjadi sumber suaranya. baca juga: Tutorial Mixing dengan Mudah bagi Pemula, Kegunaan Mixing Power 

VI. KABEL

Soal kabel, jangan dianggap sepele. Pilihan kabel yang tepat dapat memberikan hasil yang kurang lebih dari yg diharapkan. Pilihan kabel yang kurang tepat mengakibatkan hasil rekaman anda dikalahkan dengan suara noise, dengung dan lain-lain. Carilah kabel yang bagus bila anda ingin hasil rekaman anda terdengar layaknya rekaman professional.

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat bagi mante-man skalian. Sampai lanjutan tutorial berikutnya dengan judul "Prediksi biaya pembuatan Honai Studio Record"

3 komentar:

  1. bungkus suda, ditunggu lagunya menggudara..

    BalasHapus
  2. HONDAQQ.COM AGEN DOMINO 99 BANDARQ DAN POKER ONLINE TERPERCAYA

    Mengadakan Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 1 Januari 2018 - 1 April 2018.
    Dengan Total Hadiah Rp. 35.000.000,-

    Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Saat yang tepat untuk menguji kemampuan SEO Anda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000, -Tunggu apa lagi?

    Segera daftarkan diri anda untuk mengikuti Kontes SEO ini. Tunjukan Kehebatan SEO Anda Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web atau blog terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama Rp. 10.000.000.

    Keputusan untuk Pemenang Akan di tentukan dengan aturan kontes SEO yang dapat dilihat di halaman ini. Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN KUNJUNGI KAMI DI :
    Website : http://hondaqqseo.com
    BBM : D8D14919
    WA : +85569718027
    YM : cshondaqq@yahoo.com

    BalasHapus